You are currently viewing 3 Alasan Mengapa Training K3 Sangat Penting

3 Alasan Mengapa Training K3 Sangat Penting

Training K3 – Meskipun kecelakaan di tempat kerja terjadi sepanjang waktu, bahkan hanya satu kecelakaan pun tidak dapat diabaikan, terutama yang menyebabkan cedera pribadi. Perusahaan dapat meminimalkan cedera dan kecelakaan di tempat kerja dengan program pelatihan keselamatan yang bagus. Pelatihan keselamatan membantu staf dan karyawan dalam mengidentifikasi bahaya dan mengatasinya. Pelatihan membantu karyawan memahami praktik yang resmi sesuai UU dan memenuhi harapan keselamatan.

Pelatihan keselamatan sangat penting bagi pekerja yang memperoleh pengetahuan yang kuat tentang topik keselamatan yang terkait dengan pekerjaan mereka. Jika keselamatan tidak dibuat secara eksplisit relevan dengan pekerjaan karyawan, mereka akan berisiko lebih besar untuk cedera, sakit, atau bahkan kematian. Di bawah ini adalah tiga alasan besar mengapa pelatihan keselamatan atau training K3 sangat penting bagi perusahaan Anda.

1. Kesehatan Karyawan Anda

Pelatihan keselamatan yang memadai membantu karyawan memahami  berbagai  bahaya yang terkait dengan pekerjaan mereka. Dan memberi mereka alat atau indikator yang mereka butuhkan untuk melindungi dirinya dari bahaya tersebut.

Dengan pelatihan yang baik, anggota staf Anda akan menunjukkan pemahaman tentang praktik keselamatan dalam  cara mereka  bekerja dan berusaha untuk mempertahankan praktik tersebut. Misalnya, jika anggota staf Anda tidak memahami cara memakai dan menyesuaikan tali kekang dengan benar, pelatihan akan menunjukkan cara yang benar dan memungkinkan mereka melatih karyawan baru tentang cara yang benar untuk memakai alat pelindung diri ini.

Pelatihan keselamatan berlaku untuk para manajer atau kepala bagian bidang di perusahaan dalam berbagai tingkatan. Selain menunjukkan kepada mereka bagaimana bekerja dengan aman, berpartisipasi dalam pelatihan keselamatan memungkinkan mereka untuk berhubungan lebih baik dengan karyawan mereka. Misalnya, ketika seorang pemimpin perusahaan dengan pekerjaan di balik meja, belajar bagaimana memakai sabuk pengaman dan menerapkan pengetahuan itu, mereka akan membuat keputusan yang lebih tepat tentang peralatan yang digunakan anggota staf setiap hari untuk menjaga mereka tetap aman.

Baca Juga: Mengapa Sertifikasi K3 dari Pelatihan Kesehatan & Keselamatan Kerja Begitu Penting?

2. Biaya Lebih Rendah

Absen untuk beberapa jam kerja demi mengikuti pelatihan keselamatan justru akan menghemat waktu dan uang bisnis Anda. Setiap tahun, perusahaan menghabiskan jumlah uang yang luar biasa untuk tagihan medis, premi asuransi, mencari pekerja pengganti untuk karyawan yang terluka, kerusakan peralatan, tuntutan hukum, dan banyak lagi. Namun, yang lebih penting adalah kenyataan bahwa pelatihan keselamatan menyelamatkan nyawa karyawan.

3. Kepatuhan

Saat ini menjaga karyawan tetap aman dan menghemat biaya harusnya menjadi alasan yang cukup untuk menerima pelatihan keselamatan yang bagus, peraturan dan UU yang berlaku juga menuntut agar karyawan menerima pelatihan keselamatan.  Perlu dicatat bahwa standar pelatihan yang diberikan harus memenuhi standar minimum atas peraturan dan perundangan yang berlaku. Tentu saja,  tujuan pelatihan keselamatan tidak hanya untuk kepatuhan. Tujuannya harus meminimalkan kecelakaan, meningkatkan kesadaran dan menjaga kesehatan karyawan.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.