You are currently viewing Accident Investigation | PT. Ayana Duta Mandiri
Accident Investigation | PT. Ayana Duta Mandiri

Accident Investigation | PT. Ayana Duta Mandiri

Gambar Accident Investigation

Kecelakaan kerja yang terjadi mengakibatkan perusahaan menderita kerugian atau berkurangnya keuntungan. Terlebih lagi jika kecelakaan tersebut mengakibatkan pekerja terluka atau kehilangan nyawa, tentu urusannya lebih rumit lagi.

Ironisnya, kecelakaan kerja yang terjadi terkadang berulang untuk kesekian kalinya, tanpa adanya upaya pencegahan dan penanggulangan. Dalam jangka panjang hal ini tentu merupakan hal yang bisa membahayakan keberadaan atau eksistensi perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan upaya pencegahan dengan melakukan analisa pada setiap kecelakaan yang terjadi (Accident Investigation). Dengan begitu, faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja bisa diketahui sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan agar kecelakaan tersebut tidak terulang lagi di masa mendatang.

Apa Saja Materi dalam Training Accident Investigation?

Jika ada pelatihan, tentu ada materi yang disampaikan ke peserta. Dalam training Accident investigation, peserta tidak hanya diberikan teori saja. Ada praktik, studi kasus, dan diskusi. Training akan dibuat lebih interaktif sehingga materi juga mudah diterima oleh peserta. Paling penting peserta bisa memahami dan menerapkan di tempat kerja.

Angka kecelakaan kerja di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, pada 2020 angka kecelakaan kerja mencapai 153.044 kasus. Angka tersebut turun sedikit dari tahun 2019 sebanyak 155.327 kasus.

Penyebabnya beragam. Salah satunya akibat ketidaktahuan atau minimnya pengetahuan pekerja terhadap K3. Pekerja hanya beranggapan bahwa K3 hanyalah formalitas, sedangkan perusahaan juga lalai mengawasi pelaksanaan K3. Itu sebabnya training K3 harus diikuti oleh semua elemen dari perusahaan. Selanjutnya pelaksanaan di lapangan juga harus saling bersinergi dan bekerja sama dengan baik.

Training Accident Investigation adalah salah satu pelatihan K3 yang wajib diikuti. Apa saja materi yang akan diberikan di pelatihan ini?

  • Definisi Kecelakaan Kerja

Pada materi ini, peserta akan diberikan pemahaman terkait teori kecelakaan apa yang tergolong kecelakaan kerja, dan jenis-jenis kecelakaan kerja.

  • Tanggung Jawab dan Kerja Sama Tim

Dalam pelaksanaan Accident Investigation idealnya ada tim yang bekerja sama. Tim inilah yang akan melakukan analisis penyebab dan risiko kecelakaan kerja. Termasuk apa saja yang berpotensi menjadi penyebab.

Tim akan menyusun planning apa saja yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja.

  • Tahapan Investigasi Kecelakaan

Peserta juga akan diberi materi tentang tahapan investigasi kecelakaan. Bagaimana teknik dan proses investigasi kecelakaan kerja. Termasuk mulai dari mana, apa saja yang harus dilakukan, dan lain-lain.

  • Metode Investigasi Kecelakaan

Pada pelatihan tersebut juga akan diberikan metode investigasi kecelakaan. Materi ini penting agar tidak terjadi kecelakaan di lingkungan kerja. Apabila terjadi, maka dampaknya sangatlah kecil sehingga tidak merugikan karyawan dan perusahaan.

  • Laporan Investigasi

Setelah melakukan investigasi, tim akan membuat laporan terkait hasilnya. Peserta pelatihan akan mendapatkan pelatihan terkait laporan hasil investigasi. Apa saja yang dilaporkan dan apa rekomendasi solusi dari tim investigasi. Hasil laporan tersebut tentu akan menjadii acuan bagi pimpinan perusahaan untuk mengambil kebijakan.

Pentingnya Training Accident Investigation

Karena besarnya fungsi Accident Investigation untuk melakukan analisa yang tepat dan akurat terkait faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja, mengharuskan proses analisa berlangsung secara profesional dan semestinya.

Oleh karena itu, pihak perusahaan perlu untuk memberikan pelatihan atau training Accident Investigation kepada para pekerjanya, khususnya yang terlihat di bidang ini.

Jika perusahaan kesulitan untuk memberikan pelatihan atau training Accident Investigation kepada para pekerjanya, tidak perlu khawatir. Sebab, PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi solusi terbaik bagi perusahaan dalam hal ini.

PT. Ayana Duta Mandiri merupakan perusahaan yang telah lama bergerak di bidang Accident Investigation serta Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3). Dengan mengikuti training Accident Investigation, diharapkan para peserta mendapatkan beberapa hasil penting berikut ini.

  • Peserta pelatihan memiliki pemahaman yang benar dan mendetail terkait kecelakaan, sebab-sebab, serta dampaknya.
  • Bisa melakukan upaya untuk mencegah berulangnya kecelakaan kerja tersebut atau minimal mengurangi dampaknya.
  • Mendapatkan kesadaran akan pentingnya menjaga Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3).
  • Mengetahui langkah-langkah analisa kecelakaan kerja dan bisa mengambil kesimpulan.

Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa traning Accident Investigation yang diselenggarakan oleh PT. Ayana Duta Mandiri. Dengan bantuan tim yang solid dan professional, PT. Ayana Duta Mandiri akan memberikan hasil yang maksimal dalam pelatihan yang diselenggarakan.

Manfaat Training Accident Investigation di Perusahaan

Kecelakaan kerja adalah sesuatu yang dapat dihindari. Apapun bidang kerjanya, tentu punya risiko kecelakaan kerja. Akan tetapi angka kecelakaan kerja dapat ditekan dan diminimalkan. Kecelakaan kerja menyebabkan kerugian. Bukan hanya di pekerjaannya saja. Akan tetapi perusahaan juga merugi.

Pasalnya jika ada pekerja yang mengalami kecelakaan, operasional perusahaan akan terganggu. Kendati demikian, perusahaan tak boleh lepas tangan. Perusahaan harus bertanggungjawab dan melakukan investigasi penyebab terjadinya kecelakaan kerja tersebut.

Kecelakaan yang terjadi di tempat kerja, haruslah dianalisis. Apa penyebabnya dan mengapa bisa terjadi. Jika sudah ada prosedur kerja, seharusnya kecelakaan kerja bisa diantisipasi. Artinya pekerja, supervisor, sampai jajaran manajemen juga harus tahu bahaya dan risiko di tempat kerja. Mereka harus mengetahui apa saja yang berpotensi menimbulkan bahaya.

Jika semua lini memahami apa yang jadi penyebab dan bagaimana mengatasinya, kecelakaan kerja dapat diantisipasi. Jika terjadi, maka efeknya tidak terlalu parah. Pekerja juga bisa ditangani, serta proses produksi di perusahaan pun tetap bisa berjalan dengan baik. Untuk itu, diperlukan analisis sebab musabab kecelakaan kerja yang baik.

Training Accident Investigation, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut. Semua lini mulai dari karyawan pelaksana di lapangan, supervisor, tenaga keamanan, sampai dengan jajaran manajerial wajib mengikuti training ini.

Jika semua lini memahami tentunya pekerjaan dapat berlangsung dengan baik. Kecelakaan kerja dapat diminimalkan. Pekerja pun bekerja dengan tenang, tanpa ada rasa takut mengalami kecelakaan. Pengambil keputusan pun bisa mengambil kebijakan yang tepat untuk karyawan dan juga perusahaan.

Ada beberapa manfaat dari training Accident Investigation, antara lain:

  • Seluruh peserta mengetahui dan paham tentang kecelakaan, penyebab, serta dampak dari kecelakaan tersebut. Seperti halnya kecelakaan lalu lintas, kecelakaan di tempat kerja pun punya dampak jangka panjang.
  • Peserta bisa belajar dari kecelakaan yang pernah terjadi. Nah, dari situ pekerja bisa belajar tentang keselamatan. Ada studi kasus, sehingga bisa dianalisis apa yang menjadi dan tidak terulang di kemudian hari.
  • Peserta training punya kesadaran terhadap pentingnya keselamatan dan bisa melakukan pencegahan di tempat kerja. Itu sebab, semua lini mulai dari pekerja lapangan sampai jajaran pelaksana wajib untuk mengikuti training Accident Investigation ini.
  • Manfaat lain dari pelatihan ini adalah, peserta mengetahui langkah-langkah dan mampu menganalisis penyebab kecelakaan. Peserta juga diharapkan mampu membuat rencana antisipasinya.

Nah, dari manfaat tersebut tentu perusahaan akan mengetahui pentingnya mengadakan pelatihan Accident Investigation. Pasalnya jika terjadi kecelakaan kerja, tidak menutup kemungkinan produksi juga akan berhenti sementara waktu. Ini bisa merugikan perusahaan dan juga karyawan. Berbeda jika karyawan sampai jajaran manajer mengetahui sebab dan bisa melakukan antisipasi. Apabila terjadi kecelakaan risikonya pun tidak terlalu besar.

Lakukan Ini Jika Terjadi Kecelakaan di Tempat Kerja

Sebagai gambaran, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut apabila terjadi kecelakaan kerja. Langkah ini akan dibahas lebih terperinci dalam training Accident Investigation.

  • Cepat Tanggap

Apabila terjadi kecelakaan di wilayah kerja. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera lakukan clear area. Pemantauan CCTV dan juga pendukung lainnya.

  • Buat Rencana Investigasi

Anda sudah memiliki panduan investigasi. Segera susun langkah apa yang pertama dilakukan, siapa saja terlibat, siapa saja yang akan dimintai keterangan, sejauh mana investigasi akan dilakukan. Rencana yang sistematis dan detail tentu akan memudahkan untuk melakukan investigasi.

  • Pengumpulan Data

Anda bisa melakukan pengumpulan data di lapangan. Antara lain melalui keterangan para saksi, korban, dan juga perlengkapan atau peralatan kerja yang ada.

  • Analisis Data

Setelah data terkumpul, tim Accident Investigation melakukan analisis data. Dari hasil analisis itu akan ditemukan apa yang menjadi penyebab kecelakaan kerja. Ada dua faktor kemungkinan, pertama karena human error, atau karena kerusakan perangkat kerja. Bisa juga disebabkan oleh keduanya.

  • Langkah Korektif

Setelah melakukan analisis, tim juga memberikan rekomendasi untuk mengantisipasi agar kecelakaan tidak terulang. Setelah mengetahui penyebab, tentu akan ditemukan solusi atau langkah antisipasinya. Ini yang harus dilakukan oleh tim Accident Investigation.

  • Membuat Laporan

Langkah terakhir adalah membuat laporan ke pimpinan. Laporan yang lengkap dan komprehensif tentu akan memudahkan pimpinan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Mereka akan melakukan analisis yang kemudian akan menjadi patokan ketika mengambil keputusan.

Nah, demikian terkait training Accident Investigation yang wajib dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja. Pilih trainer andal dan berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

This Post Has 10 Comments

  1. tizanidine 5.2

    albuterol vs ventolin [url=http://ventolin.directory/#]albuterol mexico [/url] how to buy ventolin inhaler what is the difference between advair and ventolin

  2. http://tinyurl.com

    Good site you’ve got here.. It’s hard to find high-quality writing like yours nowadays.
    I seriously appreciate individuals like you!
    Take care!!

Leave a Reply